Terkini! 9 Cara Menarik Pelanggan dan Mempertahankannya

Terkini! 9 Cara Menarik Pelanggan dan Mempertahankannya

Sudah menjadi keharusan bahwa setiap bisnis membutuhkan konsumen dan pelanggan untuk tetap berjalan dan menguntungkan. Mendapatkan pelanggan yang mau dan mampu membeli produk suatu bisnis adalah salah satu tujuan utama dari berdirinya bisnis tersebut. Sehingga setiap tahapan yang dilakukan dalam menjalankan bisnis akan fokus pada kebutuhan pelanggan. Termasuk dalam menjalankan berbagai strategi pemasaran. Tentu saja semua bentuk dan media pemasaran yang ada adalah cara menarik pelanggan baru.

Selain menarik pelanggan baru, Kamu juga tidak boleh meninggalkan pelanggan yang sudah mengenal bisnis Kamu lebih dahulu. Cara mempertahankan pelanggan lama sama pentingnya dengan mendapatkan yang baru. Jika Kamu berpikir bahwa hanya pelanggan setia saja yang menjadi prioritas, maka hal itu salah. Karena pada dasarnya pelanggan setia juga berasal dari pelanggan baru yang mendapatkan pelayanan terbaik dan berkualitas dari suatu bisnis.

Table of Contents

    • Cara menarik pelanggan baru
      1. Membuka pintu sebanyak mungkin
      2. Memaksimalkan berbagai jenis channel marketing
      3. Menggunakan strategi pemasaran yang segar dan kreatif
      4. Meningkatkan brand awareness
    • Cara mempertahankan pelanggan lama
      1. Memberikan pelayanan yang selalu cepat dan tepat
      2. Meningkatkan customer experience
      3. Membuat program loyalitas dan/atau berlangganan
      4. Membangun hubungan baik dengan pelanggan
      5. Membagikan nilai dan prinsip bisnis kepada mereka

Cara menarik pelanggan baru

  1. Membuka pintu sebanyak mungkin

Dengan memperbanyak akses informasi produk dan layanan bisnis, Kamu akan memperluas peluang lebih banyak orang untuk mengetahui bisnis Kamu. Pintu informasi yang saat ini sering digunakan adalah melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, situs web, dan sebagainya. Hal ini juga sering disebut sebagai leads. Meningkatkan leads juga akan meningkatkan konversi.

  1. Memaksimalkan berbagai jenis channel marketing

Menggunakan banyak channel marketing sekaligus akan memberikan peluang masuknya konsumen dari berbagai kalangan. Namun, menggunakan saja belum cukup. Kamu harus memaksimalkan fitur yang dimiliki tiap channel marketing. Terutama fitur-fitur yang dapat membantu strategi pemasaran Kamu, seperti Instagram Bisnis, Facebook Messenger, dan sebagainya.

  1. Menggunakan strategi pemasaran yang segar dan kreatif

Tidak hanya platform yang digunakan, isi postingan juga harus menarik, segar, dan kreatif agar pelanggan tidak bosan dengan cara bisnis Kamu menyampaikan pesan. Hal ini berlaku baik untuk postingan secara online maupun penyampaian dengan cara offline. Terutama jika target pasar Kamu adalah usia produktif dan generasi milenial. Jika perlu, gunakan strategi influencer marketing untuk konten marketing yang lebih variatif.

Contoh konten segar dan fresh https://www.instagram.com/shenshenchandra_official/

  1. Meningkatkan brand awareness

Semua cara di atas dapat dimasukkan dalam kategori untuk meningkatkan brand awareness. Karena konsep dasar yang dimiliki adalah memberikan edukasi kepada lebih banyak orang mengenai manfaat dan keunggulan produk dan layanan bisnis Kamu. Brand awareness menjadi kunci untuk meningkatkan leads yang kemudian dapat diubah menjadi konversi. Dengan kata lain, strategi ini ampuh meningkatkan jumlah pelanggan baru.

Cara mempertahankan pelanggan lama

  1. Memberikan pelayanan yang selalu cepat dan tepat

Pelanggan yang sudah tertarik dengan produk Kamu tentu akan menghubungi Kamu melalui berbagai pintu yang sudah disediakan tadi. Pelayanan yang cepat dan tepat, terutama melalui percakapan akan memberikan kepuasan bagi pelanggan. Maka dari itu, peningkatan customer service harus terus dilakukan.

  1. Meningkatkan customer experience

Tidak hanya customer service, customer experience juga harus diperhatikan untuk membuat pelanggan melakukan repeat order. Artinya, kepuasan pelanggan harus dicapai tidak hanya saat mereka meminta informasi produk, namun juga sesudah melakukan pembelian.

  1. Membuat program loyalitas dan/atau berlangganan

Salah satu daya pemikat pelanggan untuk bertahan adalah karena adanya program loyalitas. Program ini akan mendorong pelanggan melakukan pembelian berulang dengan jumlah tertentu untuk mendapatkan keuntungan lain yang menarik. Hal ini juga termasuk dalam usaha meningkatkan customer experience.

  1. Membangun hubungan baik dengan pelanggan

Menjaga kepuasan pelanggan tidak hanya berhenti sampai produk atau layanan dirasakan oleh pelanggan. Namun Kamu juga harus memastikan untuk selalu menjaga hubungan baik dengan mereka. Kamu dapat menawarkan produk atau layanan lain yang bisa jadi sedang dibutuhkan. Tidak harus selalu berupa produk, bahkan Kamu juga dapat melibatkan mereka dalam membangun bisnis. Sehingga mereka akan memiliki penilaian bahwa bisnis Kamu memperhatikan pelanggannya.

  1. Membagikan nilai dan prinsip bisnis kepada mereka

Cara lain yang juga bisa Kamu terapkan adalah dengan berbagi nilai dan prinsip yang dipegang perusahaan. Pelanggan cenderung akan bertahan dengan bisnis yang memiliki prinsip sama atau satu frekuensi. Selain itu, hubungan saling mendukung juga akan tercipta dengan baik antara bisnis dan pelanggan Kamu.

Mendapatkan pelanggan baru bisa jadi memang menjadi tantangan yang berat bagi bisnis. Apalagi jika produk yang dimilikinya memulai perjalanannya sebagai produk pertama di Indonesia. Meskipun begitu, mempertahankan pelanggan lama juga memiliki tantangannya sendiri. Terlebih lagi dengan hadirnya kompetitor setiap bisnis yang ada. Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, A1 Digital Marketing dapat membantu bisnis Kamu meningkatkan leeds melalui media sosial yang Kamu gunakan. Ketika media sosial bisnis Kamu dikelola dengan baik, tentu saja pelanggan akan berdatangan dan puas dengan pelayanan yang ada. Hubungi kami untuk mulai merasakan banyak manfaat A1 Digital Marketing.

 

Share

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top