Cara Promosi yang Efisien Melalui Media Online
Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh firma bisnis Deloitte pada 437 UKM menunjukkan bahwa UKM yang memanfaatkan promosi online memperoleh pendapatan hingga 80% lebih banyak dibandingkan dengan pelaku UKM konvensional. Data tersebut menunjukkan bahwa promosi online sangat penting untuk digunakan oleh para UKM.
Secara umum, ada dua jenis strategi promosi online yaitu gratis dan berbayar. Strategi promosi online yang dilakukan secara gratis biasanya disebut dengan strategi organik. Itu artinya, strategi tersebut dapat dilakukan tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Sementara yang kedua yaitu strategi berbayar atau dengan memanfaatkan fitur iklan.
Kuncinya yaitu dengan konsistensi. Hal dari adanya promosi online gratis pastinya tidak akan secepat ketika Kamu menggunakan promosi berbayar atau iklan. Namun, asalkan Kamu melakukannya dengan konsisten, maka Kamu pasti akan bisa memperoleh banyak manfaatnya.
Cara Promosi Produk (Online, WA, dan Lainnya)
Di era yang serba digital ini, promosi tetap menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan bisnis. Namun, caranya berbeda dengan zaman sebelum era digital. Promosi di era digital ini memerlukan strategi khusus supaya bisa sampai kepada konsumen dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa cara promosi produk (Online, WA, dan Lainnya):
1. Buatlah Website untuk Usaha Kamu
Strategi atau cara promosi online yang pertama adalah dengan membuat website bisnis. Membuat website merupakan sebuah kewajiban di era digital seperti sekarang ini. Dengan mempunyai website, ibarat Kamu mempunyai sebuah toko ataupun tempat bisnis tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk sewa dan memikirkan lokasi yang strategis. Domain web atau blog gratis adalah salah satu langkah alternatif dari strategi promosi yang sangat cocok untuk dilakukan oleh pelaku bisnis yang mempunyai budget ketat.
2. Memanfaatkan Medsos
Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi secara global, Medsos adalah salah satu alat komunikasi dan strategi promosi produk yang perlu dimiliki oleh para pemilik usaha. Hal tersebut diperlukan untuk menjembatani antara pelaku bisnis dan pembeli supaya terjalin komunikasi dengan cepat, mudah, dan efisien. Survei dari sebuah lembaga bernama Manta menunjukkan bahwa ada banyak bisnis kecil dan menengah yang memperoleh pengembalian dari investasi yang ditanamkan (ROI) pada Medsos sebesar 39% di tahun 2013. Tren yang terlihat yaitu ROI semakin meningkat dan pemanfaatan Medsos sebagai salah satu strategi promosi pemasaran oleh pelaku bisnis juga semakin meningkat.
3. Membuat Vlog
Visual speaks louder atau gambar yang bisa berbicara lebih keras merupakan sebuah moto kekinian yang tumbuh seiring dengan banyaknya kebiasaan orang-orang sekarang ini mengunggah aktivitas mereka, baik melalui gambar ataupun video di beberapa Medsos. Hal tersebut menginspirasi strategi promosi sebuah produk menggunakan teknik gambar ataupun video yang berupa vlog. Membuat iklan produk dengan tampilan visual menjadi salah satu model baru dalam strategi promosi bisnis.
4. Membuat Konten Marketing yang Menarik
Cara promosi produk secara online selanjutnya yaitu masih berkaitan dengan strategi sebelumnya, yakni pembuatan website dan Medsos. Tanpa adanya konten marketing yang menarik, selamanya Kamu tidak akan pernah memperoleh manfaat dari website dan juga Medsos yang sudah Kamu buat. Jadi, aktiflah untuk membuat konten marketing yang menarik dan relevan dengan usaha Kamu. Jangan terlalu sering mengunggah info promo yang berbau hard selling. Namun, sesekali Kamu perlu mengunggah konten edukatif ataupun hiburan yang dapat meningkatkan minat pelanggan untuk mengikuti dan membeli produk-produk Kamu.
5. Bagikan Konten Melalui Email Marketing
Cara yang satu ini juga masih berhubungan dengan content marketing. Setelah Kamu membuat konten promosi yang menarik, itu artinya sekarang adalah waktunya menyebarkan konten. Salah satunya yaitu dengan menggunakan email marketing. Email marketing ini hampir sama dengan strategi broadcast message kepada para pelanggan. Hanya saja, strategi yang satu ini memanfaatkan penggunaan email. Misalnya saja, apabila Kamu adalah pengusaha yang bergerak di bidang otomotif, maka aktiflah untuk mengirim artikel tentang tips kreatif seputar otomotif kepada email pelanggan. Informasi semacam itu akan lebih disukai oleh pelanggan dan pastinya bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan Kamu.
6. Buat Grup Pelanggan di WA atau Telegram
Kamu juga bisa mencoba cara promosi produk dengan membuat grup pelanggan di WA ataupun Telegram. Cara yang satu ini dapat meningkatkan keakraban Kamu dengan para pelanggan serta peluang menjadikan mereka lebih loyal dengan produk Kamu. Namun perlu diingat, jangan sering mengirim promo yang bersifat hard selling ke grup pelanggan yang Kamu buat. Namun, Kamu hanya perlu mengirim konten edukasi, motivasi, dan juga konten hiburan. Sehingga grup Kamu tidak akan dianggap spam dan risiko pelanggan meninggalkan grup tersebut menurun.
7. Kumpulkan Dropshipper, Reseller, dan Affiliate Marketer
Cara promosi produk secara online selanjutnya yaitu dengan mengumpulkan reseller, dropshipper, dan juga affiliate marketer. Hal tersebut bisa membantu Kamu untuk meningkatkan penjualan. Pastinya asal dilakukan dengan baik dan juga konsisten. Jadi, dibandingkan dengan berjualan sendiri, pasti dengan mempunyai beberapa tim marketing, Kamu dapat menjual lebih banyak produk. Oleh karena itu, Kamu perlu memiliki tim. Namun, apabila mempekerjakan orang Kamu harus membayar mereka, maka solusinya adalah dengan mengumpulkan dropshipper, reseller, dan juga affiliate marketing yang mau mempromosikan produk Kamu secara cuma-cuma. Kamu tidak perlu menggaji mereka, tapi Kamu hanya cukup memberikan komisi beberapa persen apabila mereka berhasil menjual produk Kamu.
5 Media Online yang Bisa Digunakan Sebagai Cara Promosi Produk Bisnis
Cara promosi produk ataupun jasa sekarang ini sudah semakin maju dan mudah untuk dilakukan semanjak adanya Medsos. Semenjak adanya Medsos untuk promosi, iklan bisnis tidak lagi dilakukan melalui radio, media cetak, dan juga televisi. Sekarang ini sudah bisa kita sebut sebagai era digital, dimana media online adalah wadah yang sangat populer digunakan untuk mempromosikan bisnis.
Lalu, apa saja media online yang tepat untuk dijadikan sebagai media promosi hKamul untuk bisnis Kamu? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:
1.    Facebook
Medsos yang satu ini sampai sekarang masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Kehadiran mereka ini menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi Medsos yang paling banyak dijadikan sebagai media promosi online selain di situs bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosi ini juga dianggap lebih murah oleh para pemilik usaha online. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sudah mempunyai toko fisik berkat menggunakan Facebook sebagai media promosi produk.
2.    Instagram
Kelihatannya Medsos yang satu ini sekarang sedang menjadi primadona media untuk promosi bisnis online. Selain karena dapat menunjukkan foto produk juga karena caption dapat Kamu tulis dengan lebih panjang daripada Medsos Twitter atau lainnya. Instagram juga sangat mudah untuk diakses dari ponsel pintar. Saat ini Instagram sedang menjadi Medsos pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan generasi milenial.
3.    TikTok
Selain untuk melihat video lucu dan media hiburan, namun seiring dengan perkembangannya, Tiktok kini sudah mengembangkan sayapnya ke ranah bisnis. Medsos yang satu ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan para pemilik bisnis untuk mempromosikan jualannya. Plusnya lagi, apabila Kamu menggunakan Tiktok, bisnis Kamu dapat lebih cepat dikenal banyak orang karena saat ini pengguna Tiktok sudah mulai meningkat drastis.
4.    Market Place
Selain menggunakan Medsos seperti yang telah dijelaskan di atas, Kamu juga bisa menggunakan situs marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Zalora, dan lain sebagainya. Marketplace ini akan sangat membantu para pemilik bisnis untuk mempunyai halaman toko sendiri dan melakukan berbagai macam aktivitas promosi serta pemasaran produk mereka sendiri.
5. Whatsapp
Whatsapp adalah aplikasi berkirim pesan yang paling banyak digunakan oleh orang-orang saat ini. Sejak kehadirannya, aplikasi ini terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya untuk dapat berkirim pesan dengan yang lebih praktis. Sekarang Ini, sudah ada banyak pemilik bisnis yang menggunakan Whatsapp sebagai media promosi dan mengelola pesanan pelanggan. Supaya tidak tertinggal dari kompetitor yang sudah lebih dulu menggunakan Whatsapp marketing, alangkah lebih baik Kamu segera mempelajari dan menerapkannya.
Seperti halnya A1 Accessories sudah Online dari awal, kami memulai jualan lewat Kaskus. Dengan berkembangnya A1 di tahun 2016 kami membuat website sendiri www.a1accessories.co.id sampai sekarang. Website kami memiliki fitur yang sangat lengkap bisa konek ke FB,IG,Tiktok selalu muncul di halaman pertama Google dengan kata kunci pencarian Grosir Acc HP (nama kota). Semua itu karna kami menerapkan Digital Marketing yang tepat sasaran. A1 Digital Marketing siap membantu Kamu, maka hubungi kami di whatsapp dengan nomor 0813-7943-8004.
Fitur terbaru dari A1 Digital Marketing yaitu A1 POS. Aplikasi POS / Software Kasir Online dalam bentuk Aplikasi Android dan website. Jualan tanpa ribet hanya dengan smartphone bisa jualan dimana aja dan kapan aja.
Biayanya juga murah hanya Rp 125.000/bulan uda dapat website juga.
Member baru discount 20% – 40%
Info lengkap:Â https://www.a1accessories.co.id/a1-pos-online/
Demo langsung:
Kasir:
Username: testing
Password: testing
Admin / Master:
Username: Admin Test
Password: admin